Pradya Suara - Kabupaten Tuban berhasil memperoleh penghargaan penurunan angka kematian ibu (PAKI) Award tahun pertama yang diselenggarakan oleh perkumpulan obstetri dan ginekologi indonesia (POGI), dalam acara pertemuan ilmiah tahunan perkumpulan obstetri dan ginekologi indonesia (PIT POGI) 2019.

“Tuban dinilai memiliki program yang inovatif dalam upaya penurunan angka kematian ibu saat persalinan,” kata Ketua POGI Komisariat Pantura, dr. Syaifuddin Zuhri, Sp.OG.

Melalui program permata atau persalinan aman dan tertata, Tuban dianggap dapat menekan angka kematian ibu saat persalinan secara signifikan.

Selain itu, di Bumi Wali saat ini terdapat tujuh puskesmas pelayanan obstetri neonatal emergency dasar (PONED) dengan semua puskesmas terakreditasi yang tersebar di 20 kecamatan.

Tidak hanya itu, PONED tersebut juga memiliki tenaga medis dan peralatan sesuai standar dan siap memberikan layanan persalinan 24 jam

“Kami berharap, layanan PONED dapat terus meningkat kualitasnya,” imbuhnya kepada reporter Pradya Suara saat dikonfirmasi, Kamis, 18 Juli 2019.

Keberhasilan Tuban mendapatkan anugerah PAKI juga tidak lepas dari dukungan penuh Bupati Tuban, Fathul Huda, yang selalu mendukung dalam bentuk alokasi dana APBD sesuai kebutuhan, dalam rangka penurunan angka kematian ibu saat persalinan

Selain bupati, ketua tim penggerak PKK Qodiriyah Fathul Huda juga memberikan dukungan penuh dengan optimalisasi program PKK hingga tingkat pokja desa. (mj)

Editor : Sumartik