Pradya Suara - Petugas Museum Kambang Putih akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memberikan perawatan terbaik pada benda-benda yang telah dihibahkan masyarakat.

Secara prosedural banyak hal yang tidak bisa diabaikan dalam proses konservasi sebuah benda. Apalagi yang memiliki nilai sejarah atau cerita tersendiri bagi pemiliknya.

Oleh karena itu pihak Museum Kambang Putih Tuban akan mengusahakan agar barang yang dihibahkan dan sekarang menjadi koleksi resmi dapat terjaga dengan baik.

“Proses konservasi atau pemeliharaan terhadap benda-benda yang ada di museum meliputi beberapa tahapan yang tidak bisa ditawar,” kata Kurator Museum Kambang Putih Tuban, Rony Firman Firdaus, kepada reporter Pradya Suara saat dikonfirmasi, Rabu, 16/01/2019.

Sebelum melakukan konservasi pihaknya harus melakukan pengambilan gambar pra konservasi untuk melakukan identifikasi terhadap benda tersebut. Setelah itu baru bisa dilakukan proses konservasi.

“Begitu pun setelah konservasi selesai harus dilakukan pengambilan ulang pada gambar pasca-konservasi,” pungkasnya. (rus)

Editor : Sumartik