Pradya Suara - Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana, bersama Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya, Masaki Tani, meresmikan enam gedung sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Karang Agung, Kecamatan Palang, hasil bantuan dana hibah dari Konsulat Jepang, Rabu (21/08/2019.

Dalam sambutannya, Sekda Budi Wiyana, mengucapkan terima kasih kepada Konsulat Jendral Jepang atas bantuan hibah tersebut. Sekda juga menjelaskan, dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (SDM), pemkab saat ini berfokus pada dua hal yaitu pendidikan dan kesehatan.

“Untuk pendidikan, pemkab mengucurkan dana apbd sebesar 20 hingga 25 persen dari total nilai 2,5 triliun rupiah,” kata Budi Wiyana dalam sambutannya.

Selain untuk peningkatan mutu SDM, hal ini didasari pada usaha untuk peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang masih rendah dibanding kota atau kabupaten lain.

Dalam acara tersebut sekda juga mengungkapkan, pemkab sangat terbuka dengan semua kerja sama untuk kepentingan penguatan SDM.

Pemkab juga berterima kasih kepada Konsolut Jendral di Surabaya yang memberikan kontribusi dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Tuban melalui bantuan tersebut.

Sekda berharap, dengan bantuan ini dapat menjadi momentum dalam rangka pengembangan pendidikan di Kecamatan Palang, sehingga pembangunan SDM unggul dapat terlaksana dengan optimal.

“Pemkab juga meminta masukan dari seluruh pihak dalam program peningkatan pendidikan di Kabupaten Tuban, termasuk dari Muhammadiyah,” pungkasnya. (mj)

Editor :Sumartik